Gunung Lawu, Perjalanan Malang - Basecamp Cemoro Sewu Magetan

Akhirnya berhasil nge-check list satu gunung lagi yang berhasil dikunjungi. Sudah sejak lama sebenarnya ingin mencoba trek pendakian Gunung Lawu. Dalam setahun mungkin bisa 2-3 kali saya berkunjung ke kota Magetan, liburan ke rumah Raras. Guratan punggungan Gunung Lawu tiap pagi selalu seolah mengawe-awe minta untuk didaki dan pada awal bulan April 2018 kemarin kesempatan itu datang.

Cuti sudah ACC, peralatan lengkap tinggal berangkat. Pendakian kemarin itu saya ditemani oleh mas Indra, meski minta ditemani dengan terpaksa untungnya beliau mau saja. Masih jadi PR buat saya untuk melakukan solo hiking. Saya harus belajar mandiri dan lebih berani untuk bepergian seorang diri.

Jumat, 30 Maret 2018

Tanggal merah di hari Jumat ini kami melakukan perjalanan darat dari Malang menuju Magetan. Kelar sepeda motor diparkir di kantor, kami berjalan menuju Terminal Arjosari dan naik bis jurusan Surabaya. Kami naik bus Restu Panda dengan tarif Rp 15.000/org dan turun di Terminal Bungurasih/Purabaya.

Tips saat di Terminal biar nggak kemakan omongan calo. Percayalah lebih enak makan bakso daripada kemakan omongan. Usahakan jangan terlihat bingung meskipun kamu sedang kebingungan. Nah loh, bingung tidag? Baca informasi, tentukan tujuan yang pasti, langkahkan kaki dengan mantap. Selalu waspada dan jaga barang bawaan karena di Terminal ada banyak jenis orang. Intinya sih awas copet atau kegendam. Jadi keinget cerita salah satu rekan kantor yang tiba-tiba dipepet segerombolan anak jalanan di Terminal Bungurasih. HP dan dompet amblas direbut paksa.

Dari Bungurasih kami naik bus Eka jurusan Surabaya - Solo dan turun di Terminal Maospati Magetan, tarifnya sekitar Rp 58.000. Sesampainya di Terminal Maospati kira-kira hari sudah sore, jam menunjuk angka 5 dan untungnya masih ada bus omprengan terakhir yang akan membawa kami ke arah kota Magetan. Kurang dari 30 menit perjalanan sampailah kami di gerbang asrama Secata, sebuah asrama tentara yang terletak tepat sebelum pintu masuk kota Magetan. Tarif bus omprengan sekitar Rp 6000/org.

Kami tiba di rumah Raras tepat saat Magrib dan disambut dengan guyuran hujan. Istirahat semalam, mempersiapkan logistik dan mencari informasi tentang pendakian Gunung Lawu dari Pak Djumadi. Kami mendaki Lawu tepat setelah seminggu yang lalu ditemukan orang meninggal di sebuah gubug di Hargo Dalem. Baca-baca berita tentang kebakaran Lawu yang sampai menewaskan beberapa orang malah membuatku makin penasaran. Bakal ketemu mereka nggak ya nanti? Saya sudah siap kalau nanti misalnya mendapat 'gangguan'. Entah kenapa saya kok selalu bersemangat jika menyangkut dengan hal-hal berbau mistik.

Sabtu, 31 Maret 2018

Tidur beberapa jam sudah cukup untuk membuat badan bugar kembali. Usai subuh saya ditemani Mbak Intan pergi ke pasar yang letaknya tak jauh dari asrama. Belanja logistik untuk kebutuhan selama pendakian. Salah satu kegiatan yang paling saya suka saat mendaki adalah memasak di alam. Sengaja membawa bahan-bahan mentah untuk diolah di atas ketinggian. Belanja rollade, tempe, sawi putih secukupnya untuk kebutuhan selama 3 hari.

Kelar semua persiapan, saya berangkat ke basecamp Cemoro Sewu naik Grab. Kaget juga ternyata ada Grab di kota kecil ini. Tarif Grab dari Asrama Secata ke basecamp Cemoro Sewu sekitar Rp 89.000. Pagi itu matahari bersinar cerah, panasnya memberi kehangatan untuk bumi. Hidungku kembang kempis mencium harum aroma tanah basah sisa semalam. Dapat driver Grab yang super ramah, sepanjang kurang lebih sejam perjalanan berbagi cerita, ngobrol-ngobrol dan ngobrol. Sekitar pukul 8 pagi sampailah di basecamp Cemoro Sewu.

Jalur lintas antar provinsi Magetan - Karanganyar ini adalah jalan raya tertinggi yang ada di Pulau Jawa katanya. Jam 8 suasana di sekitar Cemoro Sewu diselimuti kabut tebal. Pos Pendakian saat itu masih tutup dan harus menunggu di shelter yang tertelak disebelah pos.

Selfie dulu di shelter

a happy face

tanjakan awal menembus kabut

Stay tune yaaaa bakal ada lanjutannya .....
______________________________________________________________

So, berikut kira-kira rekapan budget yang saya keluarkan :