Jumat, Oktober 25, 2013

Guinness Arthur's Day: Firehouse dan Steelheart pecah di Surabaya!

Senangnya menjadi bagian dari ajang tahunan Guinness Arthur's Day di tahun 2013 ini. Tahun-tahun sebelumnya ajang ini berhasil mendatangkan Creed, The Script, dan Mr. Big. Nah kebetulan di kali keempat ini Guinness Arthur's Day Indonesia menampilkan Firehouse, Steelheart, One Republic, Mew dan Club 8.

Gelaran Arthur's Day tahun ini dihelat di 5 kota besar Indonesia yang terdiri dari Medan, Bali, Surabaya, Makassar pada tanggal 12, 15, 17, 19 Oktober 2013 dan penutupan 26 Oktober 2013 di Jakarta. Beruntung saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan penampilan Firehouse dan Steelheart di Surabaya pada Kamis 17 Oktober kemarin.

Saya tak berpikir lama-lama ketika ditawari liputan konser ini, siapa yang bakal menolak kalau bandnya adalah Firehouse dan Steelheart? Sebenarnya saya cuma ingin menyimak penampilan CJ Snare dkk dari Firehouse karena dari dulu saya cukup familiar dengan lagu-lagu hits mereka. Tentang Steelheart yang saya tahu hanya lagu "She's Gone" dan "I'll Never Let You Go" jadi harap maklum ketika live twit di akun @musikKL saya sedikit kurang berwawasan tentang Steelheart ini.

Berangkat dari kota Malang menuju Surabaya hanya butuh waktu kurang dari 3 jam. Pukul  8 malam saya sudah menginjak halaman Grand City Convention Hall Surabaya tempat berlangsungnya konser Firehouse dan Steelheart. Malam itu susah sekali mencari tempat parkir kendaraan, semua sudah full terisi penuh. Alhasil saya melewatkan penampilan Kotak sebagai band pembuka di gelaran Guinness Arthur's Day malam itu.



Banyak penonton berpakaian warna hitam, rata-rata mereka semua memakai kaos band favorit andalan. Tak sedikit yang memakai kaos Metallica dan Iron Maiden padahal band yang main malam itu adalah Firehouse dan Steelheart. Saya-pun juga ikutan tak nyambung dengan memakai kaos Burgerkill. Antrian lantai 1 mengular hingga di pintu masuk lantai 3.

Tepat pukul 9 malam Steelheart mulai menghentak dengan lagu 'Blood Pollution'. Meski sudah tak muda lagi namun suara lengkingan dari Miljenko Matijevic masih tetap sama mampu menyayat telinga pendengar. Selain Miljenko Matijevic sebagai vokalnya, Steelheart digawangi oleh Chris Risola (gitar), Rev Jones (bass), dan Mike Humbert (drum). Malam itu Steelheart juga mencover lagu 'Black Dog' dari Led Zeppelin yang membuat penonton semakin kegirangan. "Indonesia you are fu*king awesome!" ujar Miljenko melihat kegilaan penggemarnya kala itu. Terlihat sosok Tantri dan Chua Kotak menyimak dengan khidmat penampilan Steelheart di barisan depan panggung bersama 2 bule grupies.

Miljenko Matijevic menyapa penggemar

Steelheart bersulang menutup penampilannya 

Mike Humbert tak mau ketinggalan memeriahkan Arthur's Day malam itu, ia bermain unjuk gigi memainkan set drum di depannya. Menjelang lagu terakhir semua personil kecuali Miljenko masuk ke backstage dan dimulailah permainan 12 string gitar dari vokalis Steelheart ini. Kira-kira sekitar pukul setengah 11 malam penampilan Steelheart ditutup dengan single 'She's Gone', intro awal di lagu ini membuat semua penonton semakin bersemangat. "Lady can you forgive me my heart belong to you....." Terdengar suara koor para penonton menggema dan kompak menyanyikan She's Gone. 

Firehouse menghentak dengan Shake and Tumble

Akhirnya Firehouse band yang ditunggu-tunggu muncul juga, tak perlu basa-basi mereka langsung menghentak dengan single 'Shake and tumble' yang diambil dari album Hold Your Fire. Tak ada jeda Firehouse langsung memainkan single hitsnya lagi yang berjudul 'All She Wrote'. "Selamat malam Surabaya, kami FireHouse! Apa kabar? Baguuus!" sapa CJ Snare dengan aksen yang membuat seisi Convention Hall tertawa. Vokalis Firehouse CJ Snare rupanya sudah lancar menggunakan bahasa Indonesia terbukti di beberapa kali kesempatan ia kembali berucap "Kami bisa sedikit bahasa. Sedikit sedikit saja." tambahnya

Baru kali ini menonton konser tapi rasanya seperti sedang karaoke. Bayangkan saja ada 2 big screen di kanan dan kiri panggung yang menyediakan fasilitas lirik ketika Firehouse perform. Tak perlu salah lirik atau merasa malu tak bisa ikutan bernyanyi jadinya. Lagu-lagu hits seperti 'Sleeping With You', 'When I Look In To Your Eyes', 'Im Here For You', 'You Are My Religion' dll berhasil membuat penonton puas.
big screen berlirik berasa seperti karaoke 

Saking semangat menggebuk drum, salah satu stick drum dari Michael Foster sampai patah namun hal ini tak menghalanginya untuk melanjutkan permainan. "Surabaya Assalamualaikum? Rawon setan baik dan baguss!" sapa CJ Snare ditengah penampilannya. Dia sedikit bercerita tentang Rawon Setan rupanya. Usai sedikit membuat seisi Convention Hall tertawa, Firehouse kembali mengguncang dengan lagu 'Rock On Radio'. CJ Snare memang tak ada tandingannya "Yeah Yeah Yeeeaaaaaaaaargghh!" screaming sang vokalis membuat penonton berdecak kagum. Tak hanya CJ Snare yang pamer kualitas, Bill Laverty juga ikut unjuk kebolehan bermain tapping gitar.

Penonton khidmat terbuai oleh lagu-lagu Firehouse

Suasana mendadak berubah menjadi romantis ketika CJ Snare bersembunyi dibalik keyboard memainkan 'Love of A Life Time'. Kanan kiri depan belakang semua yang hadir berpasangan larut dalam buaian lagu romantis ini. Kemudian berturut-turut lagu 'Reach For The Sky' dan 'I Live My Life For You' berkumandang. Jam sudah menunjukkan 12 malam terdengar intro lagu 'Don't Treat Me Bad' yang menandakan bahwa konser akan segera berakhir. Disetiap penampilannya, single 'Don't Treat Me Bad' memang selalu dinyanyikan sebagai penutup konser Firehouse. "Terima kasih, selamat malam sampai ketemu lagi! Kami cinta kamu! teriak CJ Snare mengucapkan salam perpisahan pada penonton gelaran Arthur's Day malam itu. Allen McKenzie, Bill Laverty, Michael Foster dan juga CJ Snare melempar kaos yang mereka kenakan sebagai tanda perpisahan kala itu.

Selesai sudah pertunjukan Guinness Arthur's Day yang dihelat hampir 5 jam lamanya. Tiket sold out panitia senang dan penonton puas! Tak heran jika tiket sampai sold out karena masyarakat Surabaya memang terkenal sebagai basis penikmat musik rock terbesar di Indonesia. Firehouse dan Steelheart masih harus melanjutkan pertunjukan mereka di kota Makassar Sabtu, 19 Oktober 2013. Terima kasih atas kesempatannya sehingga saya bisa menikmati suasana konser, maklum #fakirkonser.


PS: Guinness Arthur's Day Firehouse & Steelheart dihelat 17 Oktober 2013 ini latepost bingit :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak