Senin, Maret 30, 2015

Sumber Sirah, Surga Tersembunyi di Gondanglegi Kab. Malang

Gondanglegi masih menyimpan surga tersembunyi, setelah Sumber Taman dan Sumber Maron kini ada Sumber Sirah. Sama seperti sumber-sumber yang lain, tempat ini merupakan sumber air yang masih alami. Jika Sumber Maron dan Sumber Taman sudah semakin populer dan dikunjungi banyak orang, lain halnya dengan Sumber Sirah. Terletak di perbatasan antara Kepanjen Utara, Bululawang dan Gondanglegi, tempat ini tersembunyi diantara lembah.


Beruntunglah aku yang hidup di desa, ternyata desa tak seburuk yang aku pikirkan. I love living in village! Nggak apa biar disebut ndeso yang penting cara berpikir saya nggak deso deso amat. Seminggu penat berkutat di kota pelarianku ya cuma kembali ke rumah. Nenjap feels good. Masih bisa lihat sawah membentang hijau, lalu lalang kendaraan yang tidak terlalu padat, udara yang belum begitu tercemar polusi, nikmat dunia mana yang kau dustakan wahai mbak djombie?

Jalan turunan ber-paving
almost there
Hari Minggu kemarin, saya penasaran dengan keberadaan Sumber Sirah. Letaknya ternyata nggak jauh-jauh amat dari rumah. Cukup berkendara selama 15 menit sudah sampai di tempat tujuan. Nggak sulit kok mencari Sumber Sirah ini. Kalau dari Kepanjen lewat Kendalpayak Pakisaji luruslah ke utara, nanti sebelum Indomaret ada pertigaan, ikuti petunjuk arah Krebet Bululawang lalu belok ke kanan. Melewati jembatan sungai Brantas, jalur ini merupakan jalan alternatif menuju Bululawang. Lurus teruuss ke timur, setelah melewati perempatan kenceng aja hingga ketemu pertigaan lalu belok ke kiri. Ada perempatan jalan kampung belok ke kiri dari situ terus aja hingga menemui jalan terjal di ladang. Jika bingung, jangan sungkan untuk tanya pada penduduk sekitar dimana letak Sumber Sirah desa Sumber Jaya berada. Oiya, medannya cuma bisa dilewati oleh kendaraan roda 2, kalau bawa mobil mending mobilnya di parkir di rumah penduduk lalu jalan kaki. Kalau hujan jalannya jadi sedikit licin, perlu ekstra hati-hati melewati jalan tersebut. Turunan lumayan tajam hingga kamu bisa melihat kilauan air dibawah. Sesuatu deh pas ngliat ituhh


Sumber Sirah bisa dibilang adalah sebuah lembah yang dikelilingi pepohonan rindang dan sawah-sawah. Aksesnya yang lumayan sulit serta belum banyak dijamah orang membuat tempat ini lumayan sepi, nggak seramai di Sumber Maron. Uniknya, tempat ini masih ditumbuhi tumbuhan ganggang di dasar danaunya. Parkir kendaraan roda 2 seadanya dan tidak ada yang menjaga. Tak ada warung di tempat ini, yang ada hanya lapak penyewaan ban dalam dan itupun cuma di 1 tempat saja. Harga sewa ban dalam kisaran Rp 2000-5000 saja. Kalau mau ke sini harap membawa peralatan snorkling dan kamera underwater, nikmati sensasi wisata biota air tawar yang menghijau.


























Selain menikmati indahnya ganggang atau alga hijau, kamu juga bisa main river tubbing. Ya, meski lintasannya pendek namun seru juga bisa kintir-kintiran di sungai yang jernih dengan pemandangan sawah di kanan kiri. Capek main air? Coba istirahat di gubug-gubug yang ada di pematang sawah, atau berteduh di bawah pepohonan. Jangan nyampah ya!


River Tubbing



4 komentar:

  1. Ruar biasah hijau!!
    Arisan disana ae piye mbak jomb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku seh ayo ae yud, timbang nang cafe cafe laham hehehe

      Hapus
  2. Kapan" kalau ngalup nenjap, coba adventure di Goa sumber sanan, ds kedung lor, kedung pedaringan, kepanjen. Pasti seru dan penuh mistis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desa Kedung Pedaringan? Bagus juga ini untuk di explore. Terima kasih infonya min :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak